Perbedaan Avanza dan Xenia

Avanza dan Xenia, Dua Mobil yang Seperti Anak Kembar

Avanza dan Xenia, Perbedaan dan Persamaannnya

Avanza dan Xenia memiliki persamaan dari produksi yang sama, dan perbedaan pada fitur, eksterior, dan tipe mesin.

Bagi sebagian orang, tentu bertanya-tanya mengapa Toyota dan Daihatsu memproduksi kendaraan yang sama, yaitu Avanza dan Xenia.

Berikut penjelasannya!

Mengapa Avanza dan Xenia Terlihat Sama?

Dikutip dari daihatsukediri.id pada Rabu (1/2/2023), Xenia dan Avanza adalah mobil tipe MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. 

Mobil ini dipasarkan dengan dua merek, yaitu Daihatsu Xenia yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor, dan Toyota Avanza yang dipasarkan oleh Toyota Astra Motor.

Alasan mereka memiliki kesamaan adalah karena kedua mobil tersebut diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor sejak generasi pertama diluncurkan pada akhir tahun 2003. Oleh karena itu, Toyota Avanza tidak diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Meskipun Avanza dibuat di pabrik Daihatsu, bukan berarti Toyota tidak terlibat sama sekali. Selain memproduksi MPV kembar Avanza-Xenia, pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, juga memproduksi SUV kembar, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Jadi, itulah salah satu jawaban mengapa Xenia dan Avanza sama.

Selanjutnya, mari kita bahas tentang perbedaan di antara kedua mobil tersebut yuk!

Baca juga : Interior Toyota Alphard 2023

Tipe dan Kapasitas Mesin

Perbedaan utama terletak pada pilihan tipe dan kapasitas mesin, terutama untuk Avanza dan Xenia generasi pertama. Untuk generasi pertama, Toyota hanya menawarkan Avanza dalam dua tipe, yaitu tipe 1.3 E dan 1.3 G. Sementara itu, Daihatsu memberikan pilihan tipe 1.0 Mi, 1.0 Li, dan 1.3 Xi untuk Xenia.

Sedangkan untuk Avanza dan Xenia generasi terbaru, Avanza tetap terbilang ‘hemat’ dalam pilihan tipenya, yaitu tipe E, G, serta versi Veloz. Sementara itu, Xenia terbaru memiliki lebih banyak tipe, mulai dari 1.3 R hingga 1.5 R dengan pilihan ASA dan SC.

Setiap mesin memiliki kapasitas yang berbeda, sehingga berpengaruh pada angka konsumsi BBM-nya. Untuk mesin 1.0, konsumsi bahan bakarnya berkisar antara 1:10 hingga 1:15 km per liter. 

Sementara itu, untuk mesin 1.3, konsumsi bahan bakarnya berkisar antara 1:10 hingga 1:14 km per liter, dan untuk mesin 1.5, konsumsi bahan bakarnya berada di antara 1:10 hingga 1:17 km per liter. Namun, konsumsi BBM tersebut tergantung pada cara berkendara, jarak berkendara, dan kondisi kemacetan.

Eksterior

Pada bagian eksterior, perbedaan lebih mudah terlihat pada Avanza-Xenia facelift lansiran 2012. Terdapat perbedaan di bagian bumper depan dan velg, terutama pada Avanza Veloz yang menggunakan velg dan desain bumper yang lebih sporty.

Untuk tipe di tahun sebelumnya, perbedaan terlihat pada bagian grill dan velg yang memiliki desain berbeda. Pada kedua mobil terbaru, perbedaan lebih mudah dikenali. 

Avanza generasi terbaru memiliki desain yang elegan dan mewah, dengan radiator grill berukuran besar dan bilah berlapis chrome. Sedangkan Xenia tampil lebih sporty, dengan grille berbentuk hexagonal dan sentuhan aksen merah di beberapa titik pada tipe tertingginya.

Fitur dan Interior

Fitur juga menjadi salah satu perbedaan antara keduanya. Contohnya, pada generasi terbaru Avanza-Xenia, Xenia dilengkapi dengan fitur Camera 360. Sedangkan untuk Avanza, fitur tersebut hanya tersedia pada tipe Veloz saja.

Beberapa detail interior juga berbeda. Misalnya, tombol start stop engine pada Daihatsu Xenia diberi warna merah, sedangkan tombol mesin pada Toyota berwarna hitam yang lebih elegan.

Jadi, menurut kalian mobil mana yang lebih menarik perhatian? Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart0

Cart