Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Lebih Baik yang Mana?

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Toyota Rush dan Daihatsu Terios memiliki beberapa persamaan dalam spesifikasinya. Perbedaannya terletak pada varian, interior, eksterior, dan harga.

Sekilas, Toyota Rush dan Daihatsu Terios memang terlihat serupa dan sering dibandingkan. Namun, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Kedua mobil ini adalah SUV yang dibekali dengan mesin andal dan mampu melewati berbagai medan jalan dengan optimal.

Bagi Aisuka yang ingin memiliki salah satunya, penting untuk mengetahui spesifikasi lengkap kedua mobil tersebut. Dua mobil ini dikenal sebagai SUV yang memberikan performa keamanan dan kenyamanan yang baik.

Oleh karena itu, mempertimbangkan kedua mobil ini sebelum membuat keputusan adalah hal yang bijak. 

Tanpa berlama-lama lagi, berikut kita simak uraian lengkap spesifikasi kedua mobil tersebut dibawah ini yuk!

Sekilas tentang Toyota Rush

Toyota Rush adalah SUV 7-penumpang yang cocok digunakan dalam berbagai situasi, baik untuk keperluan sehari-hari, perjalanan jauh bersama keluarga, atau melewati berbagai kondisi jalan yang menantang.

Saat ini, Toyota Rush tersedia dalam empat varian dengan pilihan transmisi manual dan otomatis: 

– Varian manual: Toyota Rush 1.5 G M/T dan Toyota Rush 1.5 S M/T GR Sport.

– Varian otomatis: Toyota Rush 1.5 G A/T dan Toyota Rush 1.5 S A/T GR Sport.

Dari segi dimensi, Toyota Rush memiliki panjang sekitar 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan jarak sumbu roda (wheelbase) sekitar 2.685 mm.

Ground clearance mencapai 220 mm, memungkinkan mobil ini mengatasi berbagai kondisi jalan dengan lebih optimal.

Baca juga:

Sekilas tentang Daihatsu Terios

Selanjutnya, Daihatsu Terios telah hadir di Indonesia sejak generasi pertama diluncurkan pada tahun 2006.

Terios memiliki mesin berkapasitas 1.496 cc dengan kode 2NR-VE yang dapat menghasilkan daya sebesar 102,5 HP dan torsi puncak sebesar 136,3 Nm.

Model yang beredar saat ini adalah generasi kedua yang diperkenalkan sejak tahun 2018, dengan desain bodi yang lebih halus dan modern.

Generasi kedua tidak lagi dilengkapi dengan ban serep di pintu bagasi, sehingga tampilannya lebih modern dan sporty.

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Toyota Rush vs Daihatsu Terios sering dibandingkan oleh pecinta SUV. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Rush dan Terios keluaran generasi kedua tahun 2017.

1. Varian

Daihatsu Terios lebih banyak varian, termasuk X MT E4, X MT DELUXE E4, X AT DELUXE E4, R MT E4, R MT DELUXE E4, R AT E4, dan R AT DELUXE E4.

Sementara itu, Toyota Rush memiliki varian lebih terbatas, yaitu G M/T, G A/T, S M/T TRD, dan S A/T TRD. Perbedaan jelas terlihat dari jenis transmisi, fitur, dan aksesoris.

2. Spesifikasi Mesin

Tidak ada perbedaan signifikan dalam spesifikasi mesin antara Rush dan Terios. Keduanya mempunyai mesin 2NR-VE, 4-silinder segaris, 16 katup DOHC, dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal 103 HP dan torsi maksimal 136 Nm.

3. Interior

Keduanya memiliki 3 baris jok untuk 7 penumpang. Namun, Toyota Rush dilengkapi dengan headrest di baris kedua, yang tidak dimiliki oleh Daihatsu Terios.

Ini membuat Toyota Rush lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh dan memberikan perlindungan tambahan pada leher penumpang.

4. Eksterior

Kemudian, varian tertinggi Terios memiliki aksen krom yang lebih mencolok di bagian depan dan belakang, sedangkan Rush menampilkan desain yang lebih sederhana dengan sedikit aksen krom. Velg Toyota Rush juga lebih menarik dengan motif two-tone yang menonjol.

5. Fitur Keselamatan

Kedua mobil dilengkapi dengan fitur keselamatan lengkap seperti ABS, EBD, VSC, HSA, Emergency Brake Signal, dan dual SRS Airbag.

Namun, Toyota Rush memiliki keunggulan dengan jumlah airbag yang lebih banyak (6 airbag) dan indikator safety belt untuk pengemudi dan penumpang.

6. Harga

Toyota Rush ditawarkan dengan harga lebih tinggi, mulai dari Rp277 juta untuk varian terendah hingga Rp300 juta untuk varian tertinggi. Sementara Daihatsu Terios lebih terjangkau, mulai dari Rp230 juta hingga Rp280 juta.

Setelah mengetahui perbedaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios, mobil mana yang lebih menarik bagi Aisuka? Aisuka bisa memilih tergantung pada preferensi dan budget masing-masing, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart0

Cart